Benvido

Rabu, 24 November 2010

Yoga, Sehat dan Gratis


            Jika kebanyakan dari anda mengalami stres setiap hari karena sibuknya bekerja atau lain suatu hal, daripada anda menghabiskan banyak waktu dan uang anda untuk pergi ke suatu tempat dengan tujuan menenangkan diri, mungkin ada baiknya anda mencoba olahraga unik yang didatangkan langsung dari India ini. Yoga, berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “penyatuan”, dalam artian “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran agama Hindu yang menitikberatkan pada meditasi atau bertapa dimana seseorang memusatkan seluruh pikirannya untuk mengontrol panca indera dan seluruh sistem tubuh. Meskipun asal muasal olahraga ini dari agama Hindu, namun yoga bisa dipraktekkan oleh seluruh manusia di dunia selain yang beragama Hindu karena yoga merupakan suatu seni spiritual yang lebih tua dari agama apapun di dunia. Orang yang melakukan tapa yoga mempunyai nama yang disebut dengan Yogi. Sebutan untuk perempuan dan laki-laki pun berbeda. Laki-laki disebut dengan Yogin dan perempuan disebut dengan Yogini. 


            Olahraga ini dikatakan unik karena tidak butuh banyak pergerakan dari anggota tubuh dan bisa dilakukan kapan pun tanpa mengeluarkan uang sepeser pun karena hal yang diperlukan dari Yoga hanyalah pikiran. Selain itu, yoga juga bisa diterapkan di rumah, di taman, bahkan di depan komputer sekalipun.
            Banyak manfaat yang didapat dari yoga, antara lain mengurangi stres, membuat tubuh menjadi lentur, penyembuhan setelah cedera, melatih fokus dan disiplin diri, melindungi persendian dari rematik dan artritis, melindungi tulang punggung, melindungi jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah dan kolesterol jahat, menjaga memori, meningkatkan kecerdasan, mencegah osteoporosis, melancarkan peredaran darah, membersihkan limfa, membentuk kekuatan bahkan menurunkan berat badan dengan menggunakan sisi spiritual dan emosi manusia dalam melihat makanan.
            Jadi, jangan ragu lagi mencoba olahraga yang sudah dipatenkan menjadi olahraga warisan kekayaan dunia ini. Mulailah dari sekarang!(P. Renya)

Sumber :
- http://www.hersmagz.com/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Yoga

0 komentar:

Posting Komentar