Benvido

Selasa, 23 November 2010

Ini punya Indonesia!


Olahraga asli dari berbagai daerah di Indonesia, memang jarang sekali diketahui oleh masyarakat luas, kecuali di daerah asal olahraga ini berkembang. Olahraga tradisional ini sering kali kita mainkan pada saat kita masih duduk di bangku sekolah dasar, sebut saja congklak, benteng, dan engrang, tapi karena perkembangan jaman yang begitu pesat dan masuk globalisasi ke Indonesia, maka olahraga tradisional ini pun memasuki era kepunahan dan hanya berkembang di daerah tempat asal olahraga tersebut. Ini adalah beberapa olahraga tradisional yang dulu sering kita mainkan.
  • Sepak Takraw
Jenis olahraga campuran sepak bola dan voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis. permainan Sepak Takraw ada di berbagai daerah dan negara. Di Indonesia sendiri berkembang setelah adanya Kerajaan Malaka. Peraturannya tidak boleh menyentuh bola dengan tangan, hanya boleh menyentuh bola tiga kali, dan posisi pemain bertahan tidak diputar.
  • Silat
Silat disini ada dari berbagai daerah. Ada pencak silat dari daerah Jawa Barat atau juga silat minangkabau dari daerah Sumatera Barat. Silat sendiri berawal dari daerah Minangkabau yang akhirnya sesuai dengan sifat orang-orangnya yang gemar merantau, maka olahraga tradisional ini pun dibawa ke luar daerah dan disebar ke Jawa, Bali dan Kalimantan, kemudian berkembang sesuai khas daerah masing-masing. Di beberapa negara Asia, olahraga tradisional silat juga berkembang, seperti di negara Malaysia, Filipina, dan Brunei.
  • Karapan Sapi
Karapan Sapi cukup populer keberadaannya di telinga masyarakat Indonesia. Berasal dari daerah Pulau Madura. Olahraga ini sebenarnya seperti pacuan kuda, tetapi menggunakan sapi dan menarik sebuah kereta kecil tempat joki tersebut berdiri dan mengendalikan sapi tersebut.
  • Gobak Sodor
Olahraga sekaligus permainan tradisional Indonesia ini terdiri dari dua grup ini, saling berlari dan mempertahankan wilayahnya masing-masing. Satu grup terdiri dari 3-6 orang dan salah satu grup ini menjadi penjaga masing-masing wilayah dan menjaga agar jangan sampai wilayah tersebut terlewati orang dari grup lain.
  • Engrang
Engrang ini juga termasuk dalam permainan tradisional. Biasanya dilombakan sesama anak-anak. Bagus untuk melatih keseimbangan, ketangkasan, dan kecepatan. Di beberapa negara, seperti Belgia, ada pertandingan seperti sepak bola menggnakan engrang.

Olahraga-olahraga daerah sekarang sudah jarang sekali kita derang eksistensinya, tergusur karena adanya permainan-permainan elektronik. Padahal olahraga-olahraga tradisional ini selain asyik memainkannya, membuat tubuh sehat, murah meriah, banyak nilai-nilai kehidupan juga yang bisa diambil dari kegiatan olahraga ini, dan dengan memainkannya, artinya kita telah ikut berusaha melestarikannya. (pritha)

0 komentar:

Posting Komentar