Benvido

Rabu, 24 November 2010

Kenapa Harus Olahraga?


 Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.
Begitulah kata sebuah pepatah. Dalam http://en.wikipedia.org, Mens sana in corpore sano itu berarti a healthy mind in a healthy body artinya pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat.
Ternyata tubuh yang sehat dapat membuat manusia bisa berfikir. Salah satu syarat penting untuk sehat ialah olahraga. The Surgeon General’s Report on Physical Activity and Health (PCPFS Research Digest, 1996) menyimpulkan bahwa aktivitas fisik dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan dan memperbaiki mood. Bahkan aktivitas fisik ini dapat mengurangi resiko berkembangnya depresi, walaupun masih butuh penelitian lebih lanjut. Aktivitas fisik ini bisa berupa latihan-latihan olahraga ringan sampai yamg berat.

Dalam tubuh yang sehat dan prima juga, darah akan dipompa lebih banyak sehingga meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Hal ini mempercepat alira darah ke otak. Para ahli telah sepakat, otak yang mendapat kecukupan asupan darah akan mengahasilkan peningkatan dalam fisik dan mental. Ini semua membuktikan bahwa melakukan kegiatan fisik secara rutin dapat meningkatkan daya reaksi, konsentrasi, dan kesehatan mental.
Olahraga juga bisa menjadi prestasi diri jika memang digeluti secara tekun. Menjadi athlet adalah jawabannya. Selain sehat, juga bisa mengharumkan nama pribadi, keluarga, bahkan negara.

Selain menyehatkan badan, olahraga juga dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi depresi, memperbaiki mood, menyehatkan mental, bahkan berprestasi. Jadi, tunggu apalagi? Ayo olahraga! (yosie)

Sumber: 

  • http://en.wikipedia.org  
  • http://www.fitness.gov
  • http://tanjakan78.wordpress.com




0 komentar:

Posting Komentar